#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Selasa, 07 April 2015

Kardinalitas dan Modalitas Entity Realtionship Diagram

Analisa Kardinalitas dan Modalitas
Entity Relationship Diagram

1. Karinalitas : 
    merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari satu objek yg dapat dihubungkan ke sejumlah                 peristiwa dari objek lain.
    Dua objek dapat dihubungkan sebagai :
     - Satu-ke-satu (1:1): suatu kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu dan hanya satu kejadian              dari objek B dan sebaliknya
     - Satu-ke-banyak (1:M): satu kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu atau lebih kejadian dari               objek B, tetapi satu kejadian dari objek B dapat berhubungan dg hanya satu kejadian dari objek B
     - Banyak-ke-banyak (M:N): sebuah kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu atau lebih                           kejadian dari objek B, dan satu kejadian dari objek B dapat berhubungan dg satu atau lebih kejadian             dari objek A.

2. Modalitas :
    - Kardinalitas tidak memberikan indikasi apakah objek data tertentu harus berpartisipasi dalam                         hubungan.
    - Modalitas dari Hubungan adalah 0 jika tidak ada kebutuhan eksplisit untuk hubungan yang terjadi atau         hubungan itu opsional.
    - Modlitas adalah 1 jika kejadian dari hubungan bersifat wajib.

3. Contoh analisa Kardinalitas dan Modalitas.
Gambar 1. Contoh kardinalitas dan modalitas

Dari gambar 1 dapat dijelaskan kardinalitas dan modalitasnya. Gambar 1 menunjukkan hubungan antara
Tindakan Perbaikan dengan Pelanggan. Dimana posisi dari Tindakan Perbaikan dan Pelanggan merupakan sama-sama sebagai entity atau entitas. 

Dari kardinalitasnya :
  - Ada banyak tindakan perbaikan
  - Pelanggan tunggal menunggu tindakan perbaikan
Keduanya memiliki hubungan yang wajib, dimana "jika ada tindakan perbaikan, maka akan ada pelanggan yang menunggu tindakan perbaikan". Dan apabila "tidak ada pelanggan yang menunggu tindakan perbaikan, maka tidak ada tindakan perbaikan".

Dari Modalitasnya :
  - Ada situasi dimana tindakan perbaikan tidak diperlukan
  - Untuk melakukan tindakan perbaikan harus ada pelanggan
Keduanya memiliki hubungan, dimana "situasi dimana tindakan perbaikan tidak diperlukan, maka tidak ada pelanggan", dan apabila "ada pelanggan, maka diperlukan tindakan perbaikan".

Dalam menjelaskan sebuah ERD (Entity Relationship Diagram) tergantung bagaimana kebutuhan dan cara pandang seseorang dalam membacanya. Karena sebuah kebutuhan dalam hakekatnya tidak selalu sama.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.