#Attribution1 { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Naruto Shippuden Subtitle Indonesia

Download disini untuk menyaksikan kehebatan Naruto dan kawan-kawan.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Siklus Instruksi CPU

Siklus Instruksi CPU.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Selasa, 31 Maret 2015

Membuat E-R Diagram Menggunakan DBDesigner

MODUL 4
MEMBUAT E-R DIAGRAM
MENGGUNAKAN DBDESIGNER


A. TUJUAN
     1. Mahasiswa mampu merancang basisdata melalui tahap-tahap perancangannya.
     2. Mahasiswa mampu mewujudkan hasil perancangan basisdata kedalam E-R diagram dengan                        DBDesigner.

B. LANDASAN TEORI
     Teori yang dibutuhkan untuk membuat E-R diagram basis data menggunakan DBDesigner yaitu materi        mengenai E-R Diagram manual.

C. LANGKAH PEMBUATAN
     1. Jalankan DB Designer yang telah terinstal. Jika belum ada bisa di download disini.
     2. Klik button new table    ,kemudian klik pada area kerja sehingga menghasilkan tabel baru.
     3. Double klik pada table baru untuk membuka tabel editor. Ganti nama tabel dengan nama yang entitas          basis data yang diinginkan. Contoh entitas nasabah.
    4. Kemuadian isikan atribut tabel dengan mengisi coloumn tabel(sebagai nama atribut) dan data type                (sebagai tipe data atribut). Contoh sebagai berikut.

Gambar1. Table Editor

      

      Klik tandan centang pada pojok kanan bawah untuk menutup tabel editor.
      Hasilnya akan seperti ini :
Gambar 2. Entity nasabah dan atributnya

     5. Lakukan langkah 1 sampai langkah 4 untuk membuat tabel rekening, cabang_bank, transaksi.
     6. Setelah semua tabel selesai dibuat, hubungkan setiap tabel dengan tabel yang lain dengan                            menggunakan Relationship Button, seperti berikut :
Gambar 3. Fungsi relationship button

     7. Ubah nama relationship dengan membuka relationship editor (double klik pada tanda relasi), ganti                relation name sesuai kebutuhan agar lebih mudah dipahami. Hasil dari contoh :

Gambar 4. E-R diagram dengan DB Designer

D. TUGAS MODUL 4
     1. E – R diagram database Mahasiswa dengan DB Designer.
         a. Gambar E – R diagram.

Gambar 5. E-R diagram mahasiswa

         b. Hubungan atau relationship antar masing-masing tabel entity.
             - Tabel mahasiswa dengan tabel mata_kuliah :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship Many-to-many (m:n), karena banyak mahasiswa                         mempelajari banyak mata kuliah.
             - Tabel dosen dengan tabel mahasiswa :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship One-to-Many (1:n), karena seorang dosen dapat                         membimbing banyak mahasiswa.
             - Tabel dosen dengan tabel mata_kuliah :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship Many-to-Many (m:n), karena banyak dosen dapat                       memengampu banyak mata kuliah.
             - Tabel mata_kuliah dengan tabel ruang_kuliah :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship Many-to-One (n:1), karena banyak mata kuliah                             dapat dilaksanakan disebuah ruang kuliah.
     2. E – R diagram database Rumah Sakit dengan DB Designer.
         a. Gambar E – R diagram.
Gambar 6. E-R diagram Rumah Sakit

         b. Hubungan atau relationship antar masing-masing tabel entity.
             - Tabel pasien dengan tabel obat :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship Many-to-many (m:n), karena banyak pasien                                 mengkonsumsi banyak obat.
             - Tabel dokter dengan tabel pasien :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship One-to-Many (1:n), karena seorang dokter dapat                         menangani/mengobati banyak pasien.
             - Tabel dokter dengan tabel obat :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship One-to-Many (1:n), karena seorang dokter dapat                         meresepkan banyak obat.
             - Tabel ruang_rawat dengan tabel pasien :
                Kedua tabel tersebut mempunyai relationship One-to-Many (1:n), karena satu ruang rawat dapat                     merawat/menampung banyak pasien.

Selasa, 24 Maret 2015

Perancangan Basisdata E-R Diagram Manual

MODUL 3
PERANCANGAN BASIS DATA
MENGGUNAKAN E-R DIAGRAM MANUAL


A.  TUJUAN
      1.  Mahasiswa dapat merancang basis data melalui tahap-tahap perancangannya.
      2.  Mahasiswa mampu mewujudkan hasil perancangan basis data ke dalam diagram E-R secara
           manual.

B.  LANDASAN TEORI
      Basis data dapat dimodelkan sebagai :
      1.  Kumpulan dari entity (entitas).
      2.  Hubungan antar entity (entitas).

      a)  Entity SetsEntity adalah suatu obyek yang dapat dikenali dari obyek yang lain. Contoh: seseorang                    yang khusus, perusahaan, tanaman, dan lain-lain.

      b)  Attributes
           Entity ditampilkan oleh sekumpulan attribute, yang mana properti deskriptipnya dikuasai oleh seluruh            anggota dalam kumpulan entity.
           Tipe attribute:
           1.  Sederhana dan gabungan attribute
           2.  Satu fungsi dan multi fungsi
           3.  Asal attribute

      c)  Relationship Sets
           Relationship adalah kesesuaian antar beberapa entity. Relationship set adalah hubungan
           matematika antara entity n > 2, tiap bagiannya diambil dari satuanentity.
           -  Tingkatan Relationship Sets
               Mengacu pada jumlah entity set yang terlibat dalam relationship set.Relationship sets yang                              melibatkan dua entity sets adalah binary (atau tingkat dua). Umumnya hampir semua relationship                 set dalam sistem database adalah binary.
           -  Mapping Cardinalities (Cardinalitas Pemetaan)
               Menangkap jumlah entitas ke entitas yang lain yang bisa dihubungkan melaluirelationship set.                        Cardinalitas pemetaan paling banyak digunakan dalam menggambarkan relationship sets biner.                    Untuk relationship set biner cardinalitas pemetaan harus merupakan salah satudari tipe berikut:
               1. One to one (satu ke satu)
               2. One to many (satu ke banyak)
               3. Many to one (banyak ke satu)
               4. Many to many (banyak ke banyak)

      d)  ERD: Entity Relationship Diagram
           Mencerminkan model database: hubungan antara entities (tabel-tabel) dan relationships (hubungan-            hubungan) di antara entities tersebut.
       1. Rectangles melambangkan set-set entitas.
       2. Diamonds
       3. Lines menghubungkan atribut dengan set-set entitas serta set-set entitas dengan set-set hubungan                  (relationship).
       4. Ellipses mewakili attributes.

      e)  Aturan untuk Model Database
           1. Tiap baris harus berdiri sendiri.
           2. Tiap baris harus unik.
           3. Kolom harus berdiri sendiri.
           4. Nilai tiap kolom harus berupa satu kesatuan.

      f)  Tahap Pembuatan Database
          1. Tahap 1: Tentukan Entities
              Sifat-sifat entity:
              a. Signifikan
              b. Umum
              c. Fundamental
              d. Unitary
          2. Tahap 2: Tentukan Atribut
              Tentukan attributes (sifat-sifat) masing-masing entity sesuai kebutuhandatabase:
              a. Tentukan sifat-sifat (fields atau kolom) yang dimiliki tiap entity, serta tipe datanya.
              b. Attribute yang sesuai harus:
                  1. Signifikan
                  2. Bersifat langsung
              c. Tentukan attribute yang menjadi Primary Key untuk entity yang bersangkutan.
              d. Jika satuattribute tidak cukup, gabungan beberapa attribute bisa menjadi Composite Primary Key.
              e. Jika Composite Primary Key banyak sebaiknya menambahkanattribute buatan yang menjadi                           Primary Key yang tunggal.
          3. Tahap 3: Tentukan Relationships
              Menentukan hubungan-hubungan antar entitas:
              a. Tentukan jenis hubungan di antara entity yang satu dengan entitas yang lain.
              b. Macam hubungan ada 3:
                  1. One to one (1:1)
                  2. One to many (1:n)
                  3. Many to many (m:n)
              c. Dalam membentuk hubungan di antara 2 entitas, tentukan attribute nama yang digunakan untuk                       menghubungkan kedua entitas tersebut.
              d. Tentukan entity mana yang menjadi tabel utama dan mana yang menjadi tabel kedua.
              e. Attribute (dari tabel utama) yang menghubungkannya dengan tabel kedua menjadi Foreign Key                       di tabel kedua.
         4. Tahap 4: Pembuatan ERD
             a. Buat Entity Relationship Diagram (ERD) berdasarkan hasil dari Tahap 1-3.
             b. Ada berbagai macam notasi untuk pembuatan ERD.
             c. Menggunakan software khusus untuk menggambar ERD.
         5. Tahap 5: Proses normalisasi database
         6. Tahap 6: Implementasi Database

TUGAS

A.  E - R Diagram Mahasiswa
     1. Menentukan entities (object-object dasar) yang perlu ada di database.
         -  Mahasiswa : menyimpan informasi data pribadi semua mahasiswa.
         -  Dosen : menyimpan informasi data pribadi semua dosen.
         -  Mata kuliah : menyimpan informasi semua mata kuliah.
         -  Ruang : menyimpan informasi semuaruang kuliah.

     2. Menentukan attributes (sifat-sifat) masing-masing entity sesuai kebutuhan database.
         a.  Mahasiswa :
              -  Nim : nomor induk mahsasiswa (varchar(10)) PK
              -  Nama_mahasiswa : nama lengkap mahasiswa (varchar(40))
              -  Alamat_mahasiswa : alamat lengkap mahasiswa (varchar(50))
              -  Jurusan : jurusan mahasiswa (varchar(20))
              -  Semester : semester yang sedang dijalani mahasiswa (integer)
         b.  Dosen :
              -  Nik : nomor identitas dosen (integer) PK
              -  Nama_dosen : nama lengkap dosen (varchar(40))
              -  Alamat_dosen : alamat lengkap dosen (varchar(50))
              -  Pendidikan_akhir : pendidikan terakhir dosen (varchar(10))
         c.  Mata kuliah :
             -  Kode_makul : kode mata kuliah (varchar(10)) PK
             -  Nama_makul : nama mata kuliah (varchar(30))
             -  Sks : jumlah sks mata kuliah (integer)
        d.  Ruang :
             -  Kode_ruang : kode ruang yang ada (varchar(10)) PK
             -  Daya_tampung : daya tampung pada ruangan (integer)
             -  Fasilitas : fasilitas yang ada didalam ruang kuliah (varchar(30))

    3. Menentukan relationship (hubungan-hubungan) diantara entities tersebut.
        Hubungan:
        a.  Mahasiswa dibimbing oleh Dosen:
             -  Tabel utama: dosen
             -  Tabel kedua: mahasiswa
             -  Relationship: many to one (n:1)
             -  Attribute penghubung: nik (FK nik di dosen)
        b.  Mahasiswa mempelajari Matakuliah:
             -  Tabel utama : mahasiswa, mata_kuliah
             -  Tabel kedua : mhs_belajar_mk
             -  Relationship : many to many (m:n)
             -  Attribute penghubung: nim, kode_makul (FK nim, kode_makul)
        c.  Dosen mengampu Matakuliah:
             -  Tabel utama : mata_kuliah
             -  Tabel kedua : dosen
             -  Relationship : many to one (n:1)
             -  Attribute penghubung : nik (FK kode_makul di mata_kuliah)
        d.  Mata_kuliah menempati Ruang_kelas:
             -  Tabel utama: mata_kuliah
             -  Tabel kedua: ruang_kelas
             -  Relationship: 1:1
             -  Attribute pendukung : nama_makul (FK nama_makul di ruang_kelas)
   
    4.  Menggambar E-R Diagram


B.  E- R Diagram Rumah Sakit
     1. Menentukan entities (object-object dasar) yang perlu ada di database.
         -  Pasien : menyimpan informasi data pribadi semua pasien.
         -  Dokter : menyimpan informasi data pribadi semua dokter.
         -  Perawat : menyimpan informasi data pribadi semua perawat.
         -  Ruang_rawat : menyimpan informasi semua ruang rawat.

     2. Menentukan attributes (sifat-sifat) masing-masing entity sesuai kebutuhan database.
         a.  Pasien :
              -  nomor_pasien : nomor identitas pasien (varchar(10)) PK
              -  nama_pasien : nama lengkap pasien (varchar(40))
              -  alamat_pasien : alamat lengkap pasien (varchar(50))
              -  penyakit_pasien : jurusan mahasiswa (varchar(20))
         b.  Dokter :
              -  no_id_dokter : nomor identitas dokter (integer) PK
              -  nama_dokter : nama lengkap dokter (varchar(40))
              -  alamat_dosen : alamat lengkap dokter (varchar(50))
              -  spesialis : bidang spesialis dokter (varchar(20))
         c.  Perawat :
             -  nomor_id_perawat : nomor identitas perawat (varchar(10)) PK
             -  nama_perawat : nama lengkap perawat (varchar(30))
             -  alamat_perawat : alamat lengkap perawat (varchar(50))
        d.  Ruang_rawat :
             -  kode_ruang : kode ruang yang ada (varchar(10)) PK
             -  kapasitas_ruang : daya tampung pada ruangan (integer)
             -  fasilitas_ruang : fasilitas yang ada didalam ruang rawat (varchar(30))

    3. Menentukan relationship (hubungan-hubungan) diantara entities tersebut.
        Hubungan:
        a.  Pasien ditangani oleh dokter :
             -  Tabel utama: pasien
             -  Tabel kedua: dokter
             -  Relationship: many to many (m:n)
             -  Attribute penghubung: nomor_id_dokter (FK nomor_id_dokter di dokter)
        b.  Pasien dirawat oleh perawat :
             -  Tabel utama : pasien, perawat
             -  Tabel kedua : pasien_dirawat_perawat
             -  Relationship : many to many (m:n)
             -  Attribute penghubung : nomor_pasien, nomor_id_perawat (FK nomor_pasien, nomor_id_perawat)
        c.  Dokter dibantu perawat :
             -  Tabel utama : perawat
             -  Tabel kedua : dokter
             -  Relationship : many to one (n:1)
             -  Attribute penghubung : nomor_id_dokter (FK nomor_id_dokter di dokter)
        d.  Pasien menempati ruang_rawat :
             -  Tabel utama: pasien
             -  Tabel kedua: ruang_rawat
             -  Relationship: 1:1
             -  Attribute pendukung : nomor_pasien (FK nomor_pasien di pasien)
 
    4.  Menggambar E-R Diagram


Semoga Bermanfaat! ^_^

Kamis, 26 Februari 2015

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak / software, setiap orang pasti ssudah tidak asing dengan istilah tersebut karena sering dipakai pada kehidupan sehari-hari. Meskipun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari tidak menutup kemungkinan banyak orang yang belum mengetahui arti sebenarnya dari perangkat lunak tersebut. Apakah arti dari Perangakat Lunak sebenarnya?
Perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data tersebut dapat berupa instruksi atau program untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan user(manusia). Melalui perangkat lunak inilah suatu komputer dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Terdapat beberapa macam perangkat lunak, yaitu :
1. Perangkat lunak aplikasi (aplication software)
Aplication software dapat digolongakan menjadi beberapa kelas, diantaranya :

  • Pernangkat lunak perusahaan
  • Pernangkat lunak infrastruktur perusahaan
  • Pernangkat lunak informasi kerja
  • Pernangkat lunak media dan hiburan
  • Pernangkat lunak pendidikan
  • Pernangkat lunak pengembangan media
  • Pernangkat lunak rekayasa produk


2. Sistem operasi (operating system)
Meruapakan sebuah software yang menjadi sistem operasi atau inti dari sebuah komputer. Contoh : Windows, Mac OS, Linux, Unix, dll.
- Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)
Sebuah software yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.

- Perangkat lunak menetap (firmware)
Istilah yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam memori hanya baca. Tidak seperti Memori Akses Acak, MHB tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam perangkat tegar.

- Perangkat lunak bebas (free libre software)
Istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.

Contoh perangkat lunak bebas :

  • Sistem operasi : GNU/Linux, BSD, Debian, Ubuntu, dl.
  • Pemutar media : Rythmbox, VLC, Amarok, dll.
  • Kompilator GCC, GDB debugger dan C libraries
  • Dan masih banyak lagi.
- Perangkat lunak uji coba (shareware/trialware)
Sering disebut Aplikasi Trial, merupakan perangkat lunak berpemilik atau memiliki hak cipta yang disediakan secara gratis oleh pengembang untuk uji coba dan biasanya dibatasi oleh waktu atau fiturnya. Perangkat lunak ini sering ditawarkan kepada pembeli melalui situs web, koran, majalah, buku disertai dengan bacaan berupa keping CD/DVD sebelum pembeli membeli versi yang lengkap.

- Perangkat lunak gratis (freeware)
Berbeda dengan Shareware yang harus membayar jika ingin mendapatkan versi lengkapnya, pengguna perangkat lunak freeware tidak perlu membayar untuk mendapatkan versi lengkapnya, karena pengembang biasanya membuat perangkat lunak tersebut untuk disumbangkan kepada komunitas, namun tetap menjaga hak ciptanya.

- Perangkat lunak perusak (malware)
Merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer atau jaringan komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Ciri – ciri preangkat perusak pencuri data :

  • Tidak meninggalkan jejak
  • Seringkali berubah dan bertambah fungsinya
  • Menghalangi sistem pelacakan penerobosan sesudah pemasangan yang berhasil
  • Menghalangi penyandian aman cakram
  • Menghalangi pencegahan hilangnya data

Contoh – contoh perusak pencuri data :

  • Bancos : pencuri informasi yang menunggu pengguna untuk membuka situs perbankan lalu mengalihkan halaman situs asli ke yang palsu untuk mencuri informasi yang rahasia/peka.
  • Gator : perangkat pengintai yang memantau kebiasaan penjelajahan web dengan rahasi dan mengunggah data ke paladen untuk penyelidikan. Kemudian menyajikan iklan sembul.
  • LegMir : perangkat pencuri informasi data pribadi seperti nama akun dan kata sandi dalam permainan daring.
  • Qhost : kuda troya yang mengunggah file induk agar data dapat dialihkan ke paladen DNS yang berbeda sewaktu situs perbankan dibuka. Kemudia halaman masuk sesi yang palsu terbuka untuk mencuri informasi masuk sesi dari lembaga keuangan.

Source : Wikipedia

Rabu, 15 Oktober 2014

Boson Netsim v5.12 [FULL CRACK]







Download via Mediafire :
PART 1 PART 2 PART 3 PART 4 PART 5

Cara Penggabungan File .rar :
  • Buka HJ SPLIT ( download HJ SPLIT )
  • Pilih JOIN.
  • Klik INPUT.
  • Pilih file dengan format .001. Cukup 1 file saja dari seluruh file, otomatis file yang lain akan ikut digabung. Pastikan seluruh file dalam 1 folder.
  • Klik START. Tunggu hingga proses selesai.
  • Klik OK. EXIT.

Senin, 06 Oktober 2014

SIKLUS INTRUKSI CPU

STRUKTUR KOMPUTER

1.  Register-register internal CPU:

Memory Buffer Register (MBR) atau Memory Data Register (MDR) :
berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori, atau digunakan untuk menerima word dari memori.
2.  Memory Address Register (MAR) :

menentukan alamat di memori yang isinya akan diambil ke MBR atau yang akan diisi dengan data yang terdapat di MBR.

3.  Instruction Register (IR) :

Instruction Register (IR) : tempat menampung instruksi yang akan dieksekusi.

4.  Program Counter (PC)  :

menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori.
5.  Accumulator :

digunakan untuk menyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU.


SIKLUS INTRUKSI DASAR :
  • Eksekusi program akan terhenti apabila komputer dimatikan, terjadi kesalahan, atau terdapat instruksi yang menghentikan komputer.
  • Mengambil instruksi berikutnya Eksekusi instruksi Siklus Pengambilan (Fetch Cycle) & Siklus Eksekusi (Execute Cycle)
  • Pada awal setiap siklus instruksi, CPU membaca instruksi dari memori.
  • Sebuah register yang disebut Program Counter (PC) digunakan untuk menunjukkan alamat instruksi yang akan diambil dari memori.
  • Setiap kali sebuah instruksi dibaca, isi PC akan ditambah sehingga CPU akan membaca instruksi selanjutnya secara berurutan.
  • Instruksi yang dibaca akan dimuatkan ke sebuah register di dalam CPU yang disebut Instruction register (IR).
  • Selanjutnya CPU menginterpretasikan instruksi dan melakukan aksi yang diperlukan.


REGISTER INTERNAL CPU
  • Program Counter (PC) = menyimpan alamat instruksi
  • Instruction Register (IR) = menampung instruksi yang sedang dieksekusi
  • Accumulator (AC) = register penyimpanan temporer

KODE ATAU INSTRUKSI :
  • 0001 = Isi memori, yang alamatnya dinyatakan pada bit 4 sampai bit 15 pada format instruksi, disalinkan ke Accumulator.
  • 0010 = Simpan isi accumulator ke memori, yang alamatnya dinyatakan pada bit 4 sampai bit 15.
  • 0101 =Tambahkan isi AC dengan isi memori, yang alamatnya dinyatakan pada bit 4 sampai bit 15.

KUMPULAN REGISTER :
  • 9 Memory Buffer Register (MBR)
  • 9 Memory Address Register (MAR)
  • 9 Instruction Register (IR)
  • 9 Instruction Buffer Register (IBR): digunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word di dalam memori.
  • 9 Program Counter (PC)
  • 9 Accumulator dan Multiplier -Ouotient (MQ) : digunakan untuk menyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU.

Pada IAS, setiap siklus instruksi terdiri dari dua subsiklus. Selama siklus pengambilan, op code instruksi berikutnya dimuatkan ke IR dan alamat dimuatkan ke MAR. Instruksi ini dapat diambil dari IBR atau dapat diperoleh dari memori dengan cara memuatkan sebuah word ke dalam MBR, dan kemudian diturunkan ke IBR, IR dan MAR.

Pengolahan instruksi dalam CPU terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). Siklus instruksi yang terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi.

Siklus Instruksi Dasar

Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori. Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC). PC akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU membaca instruksi.



SIKLUS FETCH - EKSEKUSI
Instruksi – instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR). Instruksi – instruksi ini dalam bentuk kode – kode binner yang dapat diinterpretasikan oleh CPU kemudian dilakukan aksi yang diperlukan. Aksi – aksi ini dikelompokkan menjadi empat katagori, yaitu :
  • CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
  • CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
  • Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
  • Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi.
Diagram Siklus Intruksi


FUNGSI INTERRUPT
Fungsi interupsi adalah mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/O) memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja CPU.

Tujuan interupsi secara umum untuk menejemen pengeksekusian routine instruksi agar efektif dan efisien antar CPU dan modul – modul I/O maupun memori. Setiap komponen komputer dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali terletak pada CPU disamping itu kecepatan eksekusi masing – masing modul berbeda sehingga dengan adanya fungsi interupsi ini dapat sebagai sinkronisasi kerja antar modul. Macam – macam kelas sinyal interupsi :
  • Program, yaitu interupsi yang dibangkitkan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada hasil eksekusi program. Contohnya: arimatika overflow, pembagian nol, oparasi ilegal.
  • Timer, adalah interupsi yang dibangkitkan pewaktuan dalam prosesor. Sinyal ini memungkinkan sistem operasi menjalankan fungsi tertentu secara reguler.
  • I/O, sinyal interupsi yang dibangkitkan oleh modul I/O sehubungan pemberitahuan kondisi error dan penyelesaian suatu operasi.
  • Hardware failure, adalah interupsi yang dibangkitkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori.

Dengan adanya mekanisme interupsi, prosesor dapat digunakan untuk mengeksekusi instruksi-instruksi lain. Saat suatu modul telah selesai menjalankan tugasnya dan siap menerima tugas berikutnya maka modul ini akan mengirimkan permintaan interupsi ke prosesor. Kemudian prosesor akan menghentikan eksekusi yang dijalankannya untuk menghandel routine interupsi.

Setelah program interupsi selesai maka prosesor akan melanjutkan eksekusi programnya kembali. Saat sinyal interupsi diterima prosesor ada dua kemungkinan tindakan, yaitu interupsi diterima/ditangguhkan dan interupsi ditolak. Apabila interupsi ditangguhkan, prosesor akan melakukan hal – hal dibawah ini :

Fungsi Interupsi
  • Prosesor menangguhkan eksekusi program yang dijalankan dan menyimpan konteksnya. Tindakan ini adalah menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi dan data lain yang relevan.
  • Prosesor menyetel program counter (PC) ke alamat awal routine interrupt handler.

Source : 

Senin, 29 September 2014

Arsitektur ARM


ARM
            Arsitektur ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh ARM Limited. Dikenal sebagai Advanced RISC Machine dimana sebelumnya dikenal sebagai Acorn RISC Machine. Pada awalnya merupakan prosesor desktop yang sekarang didominasi oleh keluarga x86. Namun desain yang sederhana membuat prosesor ARM cocok untuk aplikasi berdaya rendah. Hal ini membuat prosesor ARM mendominasi pasar mobile electronic dan embedded system dimana membutuhkan daya dan harga yang rendah.

          Pada tahun, sekitar 98% dari satu miliar mobile phone yang terjual menggunakan setidaknya satu buah prosesor ARM. Dan pada tahun 2009, prosesor ARM mendominasi sekitar 90% dari keseluruhan pasar prosesor 32-bit RISC. Prosesor ARM digunakan di berbagai bidang seperti elektronik umum, termasuk PDA, mobile phone, media player, music player, game console genggam, kalkulator dan periperal komputer seperti hard disk drive dan router.

          Lisensi arsitektur ARM dimiliki oleh Alcatel, Atmel, Broadcom, Cirrus Logic, Digital Equipment Corporation, Freescale, Intel melalui DEC, LG, Marvell Technology Group, NEC, NVIDIA, NXP Semiconductors, OKI, Quallcomm, Samsung, Sharp, ST Microelectronics, Symbios Logic, Texas Instruments, VLSI Technology, Yamah dan ZiiLABS.

Sebuah prosesor ARM dari Conexant yang umum digunakan pada Router.
Arsitektur ARM digunakan pada Samsung GALAXY S IV.

Arsitektur ARM digunakan pada NVIDIA Tegra 4i.



X86 (32bit) dan X64 (64bit)

32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor.
Processor 32-bit artinya register2 nya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit.
Processor 64-bit artinya register2 nya berukuran 64 bit. ( Register2 ini lah yang digunakan untuk melakukan macam2 operasi. Misalnya c = a + b, maka register "eax" akan me-load nilai dari "a" (di memory), kemudian pada register "eax" ditambahkan nilai dari "b", lalu "eax" ditulis ke memory pada posisi variabel "c" ).

Pengaruh ukuran register terhadap kecepatan:
Setiap proses baca/tulis dari memory (disebut dengan load/store) membaca/menulis informasi sebesar ukuran register; maka register 64-bit potensial membaca/menulis memory 2x kecepatan register 32-bit. Tapi ini teoretis saja, karena kenyataannya prosesor juga menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal lain selain load/store, seperti pemrosesan matematis, vector-processing, dll.


Prosesor AMD x86 tercanggih 12 core dinamakan Opteron 6000 series.


Prosesor Quad Core adalah kompatibel native 64bit.



Pengaruh ukuran register terhadap presisi:
Secara simplistik: Makin panjang register, makin banyak angka di-belakang-koma yang bisa dihitung secara akurat.
Sebagai gambaran: Misalkan resolusi bilangan real pada 32-bit adalah 0.0001, maka resolusi bilangan real pada 64-bit bisa mencapai 0.0000001 (jadi jauh lebih presisi).


Pengaruh ukuran register terhadap ukuran memori:
Salah satu dari sekian banyak register adalah "addressing register". Addressing register (atau registers, kalau lebih dari satu) adalah register yang memiliki fungsi 'menunjuk' ke alamat tertentu dalam memory. Jangkauan (range) penunjukan ini disebut dengan istilah memory space.
Pada arsitektur 32-bit, addressing registers mampu 'menunjuk' posisi memory dari 0 s/d 4'294'967'295 (4 GiB - 1). Inilah yang mengakibatkan muncul "batasan 4 GiB" pada sistem berbasis arsitektur 32-bit.
Pada arsitektur 64-bit, addressing registers mampu 'menunjuk' posisi memory dari 0 s/d 18'446'744'073'709'551'615 (16 EiB - 1). Seperti kita lihat, tidak ada lagi 'batasan 4 GiB' pada sistem berbasis arsitektur 64-bit.


Pengaruh ukuran register terhadap dataset:
"Dataset" adalah istilah untuk 'seperangkat data yang di-load ke dalam memory untuk diproses dan (optionally) ditulis kembali ke hard disk'. Sistem 32-bit terbatas pada dataset sebesar (2^32)-1, atau (4 GiB - 1). Mengingat sebagian memory harus digunakan untuk OS dan program database ybs, maka biasanya dataset nya hanya sebesar 1-2 GiB saja. Artinya, sebuah database yang berukuran, katakanlah, 20 GiB (tidak asing dalam konteks perusahaan besar), harus diproses 10~20x. Sistem 64-bit tidak memiliki batasan di atas. Dia dapat me-load dataset sebesar ketersediaan memory. Artinya, database 20 GiB di atas dapat di-load seluruhnya (asal memory mencukupi), diproses dalam sekali jalan saja.
Source :
              Wikipedia
              Hendyanto

ARSITEKTUR VON NEUMAN DAN HARVARD

          Semua mikrokontroler menggunakan satu diantara dua model rancangan yang dinamakan arsitektur Harvard dan von-Neumann. Berikut secara singkat, perbedaan keduanya dilihat dari pertukaran data antara CPU dan memori.


Arsitektur Von-Neumann
               Mikrokontroler yang menggunakan arsitektur ini hanya memiliki satu blok memori dan satu bus data 8-bit. Karena pertukaran data semuanya menggunakan 8 jalur ini, bus akan overload dan komunikasi menjadi sangat lambat dan tidak efisien. Sebaliknya CPU dapat membaca instruksi atau baca/tulis data dari/ke memori. Keduanya tidak dapat terjadi secara bersamaan karena data dan instruksi menggunakan sistem bus yang sama. Misalnya, jika sebuah baris program memerintahkan register memori RAM dengan nama “SS” harus dinaikkan satu (misalnya menggunakan instruksi: inc SS), maka mikrokontroler akan melakukan:

  1. Baca bagian dari instruksi program yang menyatakan APA yang harus dilakukan (dalam kasus ini adalah instruksi “inc” untuk perintah kenaikkan);
  2. Baca lebih lanjut dari instruksi ini yang menyatakan data YANG MANA yang akan dinaikkan (alam kasus ini adalah register “SS”);
  3. Setelah dinaikkan, isi dari register ini harus dituliskan kembali ke register yang sebelumnya telah dibaca (alamat register “SS”).


Arsitektur Harvard
                 Mikrokontroler yang menggunakan arsitektur ini memiliki dua bus yang berbeda. Satu bus 8-bit dan menghubungkan CPU ke RAM. Yang lain terdiri dari beberapa jalur (12, 14 atau 16) dan menghubungkan CPU ke ROM. Dengan demikian, CPU dapat membaca instruksi dan mengakses memori data pada saat yang bersamaan. Karena semua register memori RAM lebarnya 8-bit, semua pertukaran data dalam mikrokontroler menggunakan format yang sama, sehingga selama eksekusi penulisan data, hanya 8-bit yang diperhatikan. Dengan kata lain, yang perlu Anda perhatikan saat merancang program adalah lebar data yang bisa dipertukarkan atau diproses hanya selebar 8-bit, ya hanya selebar 8-bit saja.

                   Program yang Anda buat untuk beberapa mikrokontroler ini akan tersimpan di dalam ROM internal (Flash ROM) setelah dilakukan kompilasi ke bahasa mesin. Lokasi memori ini dinyatakan dalam 12, 14 atau 16-bit. Sebagian dari bit, 4, 6 atau 8-bit digunakan sebagai instruksinya sendiri dan diikuti dengan data 8-bit.

Kelebihan-kelebihan:
  1. Semua data di dalam program selebar 1 byte (8-bit). Karena bus data yang digunakan dalam pembacaa program memiliki beberapa jalur (12, 14 atau 16), instruksi dan data dapat dibaca dibaca sekaligus. Dengan demikian, semua instruksi dapat dieksekusi hanya dengan satu siklus instruksi, kecuali instruksi lompat (jump) yang dieksekusi dalam dua siklus.
  2. Kenyataan bahwa program (ROM) dan data sementara (RAM) terpisah, CPU dapat mengeksekusi dua instruksi sekaligus. Gampangnya, selama proses pembacaan dan penulisan RAM (akhir dari suatu instruksi), instruksi berikutnya dibaca melalui bus yang lain.
  3. Jika menggunakan mikrokontrole menggunakan arsitektur Von-Neumann kita tidak bisa tahu seberapa banyak memori yang dibutuhkan oleh beberapa instruksi. Pada dasarnya, masing-masing instruksi program membutuhkan dua lokasi memori (satu mengandung instruksi APA yang harus dilakukan, sedangkan sisanya mengandung informasi data YANG MANA akan diproses).
                Pada mikrokontroler dengan arsitektur Harvard, bus program biasanya lebih dari 1 byte, yang membolehkan masing-masing word mengandung instruksi dan data, dengan kata lain satu word - satu instruksi.



Mikrokontroler RISC vs. CISC



1. RISC



Sejarah RISC

Proyek RISC pertama dibuat oleh IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM 801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga dikenal sebagai RISC



Pengertian RISC

  • RISC: singkatan dari Reduced Instruction Set Computer.
  • Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengeset instruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya


Karakteristik RISC

  • Siklus mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand dari register
  • Operasi berbentuk dari register-ke register yang hanya terdiri dari operasi load dan store yang mengakses memori
  • Penggunaan mode pengalamatan sederhana
  • Penggunaan format-format instruksi sederhana

Ciri-ciri
  • Instruksi berukuran tunggal
  • Ukuran yang umum adalah 4 byte
  • Jumlah pengalamatan data sedikit,
  • Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
  • Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
  • Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
  • Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
  • Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi 
Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU Apple


2. CISC (Complex Instruction Set Computing )

Pengertian CISC
Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah


Karakteristik CISC
  • Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
  • Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan

Ciri-ciri
  • Jumlah instruksi banyak
  • Banyak terdapat perintah bahasa mesin
  • Instruksi lebih kompleks
Pengaplikasian CISC yaitu pada AMD dan Intel



Perbedaan CISC dan RISC

Dilihat dari segi instruksinya :
A. RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
  • Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
  • Instruksi sederhana bahkan single
  • Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
  • Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
  • Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori

B. CISC ( Complex Instruction Set Computer )
  • Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
  • Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
  • Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
  • Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek


Keunggulan RISC

Saat ini, hanya Intel x86 satu-satunya chip yang bertahan menggunakan arsitektur CISC. Hal ini terkait dengan adanya kemajuan teknologi komputer pada sektor lain. Harga RAM turun secara dramatis. Pada tahun 1977, DRAM ukuran 1MB berharga %5,000, sedangkan pada tahun 1994 harganya menjadi sekitar $6. Teknologi kompailer juga semakin canggih, dengan demikian RISC yang menggunakan RAM dan perkembangan perangkat lunak menjadi semakin banyak ditemukan.




Source :
             IC TECH

Diberdayakan oleh Blogger.